Sabtu, 24 Juni 2017

Selamat Idul Fitri 1438 H





Assalamu ’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Sahabat sekalian yang berbahagia,

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena pada malam Idul Fitri ini kita senantiasa diberi berbagai limpahan anugerah, berupa kesehatan jasmani dan rohani. Mudah-mudahan dengan anugerah Illahi tersebut kita bisa menggunakannya untuk hal yang terbaik dalam hidup ini.

Momen Idul Fitri sesungguhnya memberikan pesan universal kepada kita semua, agar senantiasa mempererat tali persahabatan dan persaudaraan antara sesama tanpa memandang identitas agama. Setiap komunitas keagamaan dituntut agar mengembangkan persahabatan sebagai wujud kesaksian dan amanah agamanya. Selanjutnya, setiap agama seyogyanya pun bisa menciptakan persahabatan dengan siapa saja selaku pengemban misi dan dakwah. Persekutuan ataupun komunitas agama akan selalu ditandai dengan spirit keramah tamahan yang membuka tangan bagi yang lain.

Idul Fitri adalah hari istimewa bagi umat Islam, yang berakar dari semangat kepedulian. Kepedulian yang diimplementasikan melalui solidaritas terhadap sesama yang lemah, miskin, dan terbelakang. Biasanya dengan mengeluarkan sebagian rezeki kita melalui jalan zakat yang biasanya diberikan sebelum puncak kemenangan itu berlangsung.

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan menumbuhkan rasa persahabatan dan kepedulian demi membangun solidaritas kemanusiaan yang utuh dan memberikan jaminan ideal bagi terciptanya nilai-nilai kemanusiaan yang humanis-transformatif. Kepedulian tidak hanya menuntut ketajaman analisis dan solusi, melainkan yang paling penting adalah tindakan nyata atau aksi. Disamping itu, Idul Fitri tidak hanya berupa keberpihakan romantis yang ditonjolkan, tetapi juga lebih kepada tendensi empati-praktis.

Idul Fitri tidak hanya bermakna peningkatan iman kepada Sang Pencipta, lebih daripada itu, ia mengandung spirit keagamaan untuk membangun solidaritas kemanusiaan kepada sesama. Peningkatan keimanan yang tidak terbatas hanya pada hubungan kita kepada Tuhan, melainkan tumbuhnya kesalehan sosial yang teraktualisasi dalam realitas kehidupan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, semoga amal ibadah puasa kita dan ibadah lainnya diterima Allah SWT.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.


EmoticonEmoticon