Kamis, 14 Juni 2018

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H



Allah SWT menyeru kepada kita di dalam kitab suci Al Qur'an, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183). Puasa, secara umum mengajarkan kepada kita untuk dapat mengendalikan diri, berlaku jujur, disiplin, tabah, sabar, dan banyak hal positif lain di dalamnya. Dengan adanya puasa, orang yang sehari-harinya terbiasa hidup berkecukupan juga merasakan perihnya rasa lapar yang kerap kali banyak dialami oleh saudara-saudara kita yang kurang beruntung, sehingga akan menjadikan kita lebih peduli kepada orang-orang yang kekurangan. 

Seluruh rangkaian ibadah di bulan Ramadhan terkait erat dengan pengembangan kepedulian kepada orang lain. Puasa, menahan makan-minum dari sejak adzan Subuh hingga adzan Maghrib selama satu bulan penuh, mengajarkan kita berempati kepada orang-orang yang tidak selalu bisa menikmati makan-minum sesuai kebutuhan setiap harinya. Zakat fitrah, selain berfungsi untuk membersihkan harta kita, juga mengandung muatan kepedulian sosial yang sangat kuat, dengan berbagi sebagian bahan makanan yang biasa kita makan sehari-hari. 'Idul Fitri, yang merupakan titik puncak perayaannya, dimana setiap orang dari berbagai strata sosial berkumpul untuk melakukan shalat bersama di lapangan terbuka, menyiratkan makna kepada kita bahwa semua manusia di mata Sang Pencipta adalah sama.

Ramadhan sudah berlalu. Akhirnya kita telah melewati Ramadhan yang kita jalani selama satu bulan penuh. Ada kehilangan yang teramat sangat dengan berlalunya Ramadhan. Ada hal berharga dari waktu kita yang telah berlalu yang tidak mungkin bisa kita ulang kembali, atau kita gantikan dengan waktu lain.

Ketika hari berganti, kita menyadari bahwa ternyata hidup ini memang cuman sebentar. Seperti Ramadhan yang telah pergi meninggalkan kita. Menyisakan semangat untuk memperbaiki diri. Kedatangan bulan Syawal yang menandai datangnya Hari Raya Idul Fitri patut kita sambut dengan bersuka cita. Tidak ada sekat sosial di dalamnya. Semua membaur, menyatu dalam sebentuk kebahagiaan yang sama.

Semoga Allah mempertemukan kita kembali dengan Ramadhan di tahun depan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Taqabbalallaahu minna wa minkum.


EmoticonEmoticon