Jumat, 19 Januari 2018

Sedekah Makan Siang Jum'at Berbagi





Siang selepas ibadah shalat Jum'at, kantor Cahaya Foundation yang berada persis di belakang RS Mekarsari Bekasi mendapat kiriman beberapa puluh kotak nasi dari sebuah Rumah Makan yang dipesan oleh seseorang yang mengatasnamakan diri sebagai Hamba Allah. "Ada titipan sedekah makan siang untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung", ujar kurir dari rumah makan tersebut. Dari tampilan wadahnya, isi kotaknya sepertinya cukup istimewa dan samar-samar aroma yang menguar dari dalamnya sangat menggugah selera. 

Sasaran penyebaran sudah ditentukan. Lokasi tidak jauh dari kantor Cahaya Foundation, di sekitar Jalan KH Agus Salim dan Jalan Ki Mangunsarkoro, yang kebetulan banyak dijumpai bapak-bapak pengemudi becak dan beberapa orang pemulung yang kerap kali melintas mencari nafkah. 

Dengan menggunakan 1 buah sepeda motor, pendistribusian sedekah makan siang cukup dilakukan oleh 2 orang saja yang menyebarkan. Salah seorang mengemudikan kendaraan, sedangkan salah seorang yang lainnya membawa 2 kantong plastik besar kotak nasi di kiri kanan tangannya. Cuma dalam waktu tidak lebih dari 1 jam dan cukup 3 kali bolak balik mengambil untuk kemudian didistribusikan, maka selesai sudah kegiatan sedekah makan siang dilakukan. 

Teringat sebuah kisah tentang sedekah makan siang di hari Jum’at  yang pernah ada di zaman Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Disebutkan dalam Shahihain, dari Abu Hazim Radhiyallahu 'Anhu, dari Sahal Radhiyallahu 'Anhu berkata, “Kami sangat gembira bila tiba hari Jum’at.” Saya (Abu Hazim) bertanya kepada Sahal: “Mengapa demikian?” Jawabnya:  “Ada seorang nenek tua yang pergi ke Budha’ah -sebuah kebun di Madinah- untuk mengambil ubi dan memasaknya di sebuah periuk dan juga membuat adonan dari biji gandum. Apabila kami selesai shalat Jum’at, kami pergi dan mengucapkan salam padanya lalu dia akan menyuguhkan (makanan tersebut) untuk kami. Itulah sebabnya kami sangat gembira. Tidaklah kami tidur siang dan makan siang kecuali setelah jumat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kegiatan sedekah makan siang di hari Jum'at kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung ini bisa menjadi sarana untuk membangun rasa empati/kepedulian kepada sesama dan sebuah terapi untuk melunakkan kekerasan hati pada diri kita yang kerap tidak kita sadari. Kegiatan yang sederhana dan relatif murah, karena disesuaikan dengan kemampuan kita dan bisa dilakukan di sekitar kantor atau tempat tinggal kita di waktu istirahat setelah shalat Jum'at.

Sedekah makan siang bagi saudara-saudara kita yang kurang beruntung, yaitu para fuqoro’ dan masakin, adalah salah satu amal kebaikan yang sangat dicintai Allah. Kegiatan sosial ini akan semakin berkah karena bisa menjadi sebab mempererat tali ukhuwah dan membahagiakan orang-orang susah. Lebih-lebih bisa dijadikan sarana menyampaikan dakwah dan nasihat; sehingga jasmani dan rohani sama-sama dapat nutrisi. (Cahaya Foundation / Wiwik)

#CahayaFoundation #Berkah #Jumat #Donasi #Sedekah #Berbagi #Bekasi #Jabodetabek #Indonesia


EmoticonEmoticon